REVIEW MBC DAY 3

11 Jul

Pagi itu kami dikumpulkan seperti biasa di Selasar Basement Labtek VII pada pukul 07.00 WIB, tepat satu jam sebelum acara untuk kemudian dimobilisasi ke Selasar Basement Labtek VIII untuk memulai MBC.

Seperti biasa MBC dimulai dengan apel terlebih dahulu. Sehabis itu kita dimobilisasi ke GKU Timur di ruang yang sering dipakai kuliah kalkulus.  Materi keprofesian yang dibahas kali ini adalah tentang Divisi Elektron. Divisi yang mengerjakan majalah berbasis elektroteknik. Pada materi kali ini, dibahas beberapa hal;

1. Pelatihan Menulis

1.1. Ragam Tulisan

1.1.1. Editorial

1.1.2. Kolom (bersifat subjektif penulis)

1.1.3. Artikel (bersifat objektif)

1.1.4. Feature (bersifat deskriptif, manusiawi, detail)

1.1.5. Straight News (bersifat faktual, aktual, singkat dan penting)

Selain itu, diberikan pula tips untuk menulis diantaranya adalah untuk memerhatikan faktor kebermaknaan , kebaruan dan kedekatan antara tulisan yang dibuat dengan pembaca. Perlu juga diperhatikan pemilihan tema dan sudut pandang yang menarik serta sifat tulisan yang sederhana, padat dan jelas.

2. Proposal

Kami juga dijelaskan materi tentang pembuatan proposal yang merupakan rancangan kerja acara secara detail.  Proposal dibagi menjadi 3 jenis, yaitu proposal rencana kegiatan, proposal penelitian dan proposalsponsorship. Proposal yang baik adalah proposal yang informatif, sistematis, realistis, disetujui, terdisitribusi dan ditangani oleh ahli yang terkait.  Esensi dari pemberian materi dari Divisi Elektron adalah untuk mengajari dan mengingatkan bahwa kemampuan menulis adalah kemampuan krusial yang harus bisa dimiliki semua orang, terutama mahasiswa. Kemampuan tersebut akan diaplikasikan untuk membuat laporan, tugas akhir dan pembuatan proposal kegiatan acara yang dibuat.

 

Setelah itu, untuk kembali menumbuhkan rasa cinta terhadap HME, kami diberikan 5 lagu tambahan

1. Masa Bodo

2. Bukan Bonek

3. Sudah Kubilang

4. HME Ancol

5. Ayo EL

 

 

Setelah itu, diadakan forum angkatan yang diikuti juga oleh seniro-seniorita. Pada saat itu dibahas kegunaan diadakannya forum. Dalam forum, dibahas tentang bagaimana satu angkatan terkadang masih belum terlalu perduli terhadap temannya karena kami dianggap belum bisa menjabarkan secara detail penyakit yang diderita oleh teman kami yang tidak mengikuti MBC. Dibahas juga mengenai mekanisme pengerjaan identitas angkatan, yaitu nama, logo dan mars angkatan, bahwa dalam pengerjaannya, seharusnya semua orang terlibat aktif menyumbang ide, tenaga atau pikiran. Kami pun diwajibkan untuk tidak berada di kampus setelah lewat jam 23.00 karena jam 23.00 adalah jam batas diperbolehkannya kegiatan kemahasiswaan oleh LK, setelah lewat jam 18.00 pun kepulangan bonita harus dipastikan oleh junironya. Bonita tidak boleh masih berada di kampus lewat dari jam 21.00. Beberapa kewajiban baru yang didapat dari forum tersebut adalah untuk memenuhi kuorum sebanyak 215 orang untuk setiap diklat berikutnya dengan konsekuensi untuk menjenguk dan berfoto yang melambangkan identitas angkatan.

 

Esensi dari diadakan forum kemarin adalah agar kami lebih mengenal dan peduli kepada teman yang tidak mampu hadir MBC, hal itu juga diharapkan dapat memupuk kekompakan di angkatan kami sebelum kami masuk dalam keluarga elektroteknik ITB, HME. Kami juga diwajibkan menjamin keselamatan teman-teman kami, karena mau bagaimanapun, kami ini satu keluarga elektroteknik 2010. Kekritisan dan kelogisan berpikir kami pun diuji setiap forum, kami diwajibkan dapat memberi jawaban yang solutif dilandasi perhitunga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: