AMPAS KOPI MENJADI ENERGI ALTERNATIF BARU

11 Jul

Baru-baru ini di SPBU sering kita lihat bahan bakar baru yaitu bio solar. Namun banyak orang yang tidak tahu apa itu sebenarnya bio solar. Dan jarang juga orang mengisi mobilnya dengan bahan bakar bio solar. Selain masih banyak orang bergantung pada bensin subsidi pemerintah juga karena bahan bakar yang satu ini harganya cukup mahal.

Apa itu bio solar? Biosolar adalah bakar bahan alternatif yang terbuat dari minyak kelapa sawit, minyak sayuran, minyak kedelai, minyak kacang dan minyak bekas dari berbagai restoran. Bio solar ini sangat ramah lingkungan dan tidak berasap apabila di pakai untuk bahan bakar kendaran, mesin-mesin atau diesel.

Akhir-akhir ini biosolar tidak hanya di buat dari minyak-minyakan saja namun juga di buat dari ampas kopi. Di ramalkan akhir tahun 2010 lalu pemakaian bio solar d luar negeri akan semakin mambludak maka para peneliti dari Nevada membuat bio solar dari ampas kopi sebagai alternatif juga agar bio solar menjadi lebih murah.

Mengapa di gunakan ampas kopi sebagai bahan baku bio solar? Karena pada saat ini tidak ada bahan baku dengan kualitas bagus untuk membuat bio solar tersebut. Dan karena ampas kopi mengandung minyak 11-20% dari beratnya. Jumlah ini setara dengan bahan baku bio solar tradisional yang terbuat dari minyak kelapa sawit atau kacang keledai.

Sampai saat ini, ada petani kopi diseluruh dunia dapat menghasilkan 160 milyar kopi tiap tahunnya. Sementara itu, banyak macam-macam jenis kopi yang di tanam oleh para petani tersebut. Dan sering kali ampas dari kopi-kopi itu hanya berakhir d dalam tempat sampah. Bayangkan saja apa bila ampas-ampas kopi itu di manfaatkan oleh para ilmuan maka akan memiliki potensi untuk menghasilkan 340 juta galon biosolar yang bisa di pasok keseluruh dunia.

Hasil bahan bakar yang di buat dengan kopi ini memiliki keuntungan besar daripada mengggunakan bio solar tradisional karena menurut para peneliti bio solar kopi ini mengandung banyak antioksidan yang tidak mencemari lingkungan dan sangat ramah lingkungan. Libah padatan hasil konversinya pun juga dapat di manfaatkan menjadi pupuk kompos atau etanol.

Untuk itu  kita generasi muda Indonesia juga harus mengembangkan energi alternanif ini di negara kita. Agar masyarakat tidak bergantung lagi pada bahan bakar subsidi atau bahan bakar lain yang persediaannya semakin menipis. Go green technology!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: